Daftar Pelanggaran Klub Terbaru, Dirilis PSSI

Daftar Pelanggaran Klub Terbaru, Dirilis PSSI
Daftar Pelanggaran Klub Terbaru, Dirilis PSSI

Kemarin, Rabu (21 / 6 / 2017), Komisi Disiplin (Komdis) PSSI baru saja menyiarkan daftar terbarunya terkait pelanggaran yang dilakukan oleh klub sepakbola Indonesia. Diantaranya adalah Persija Jakarta yang ditodong denda sebesar 30 Juta Rupiah, karena Jak Mania membentangkan spanduk berisi kata-kata yang menyinggung SARA.

Daftar tersebut dirilis Komdis PSSI langsung di Kantor PSSI yang berlokasi di Gedung Grand Rubina lt. 7 Jakarta Selatan, usai mengakhiri sidang kedisiplinannya yang ke 8.

Sebelumnya, suporter Persija sempat melakukan 2 hal yang tidak mengenakkan saat berhadapan dengan PS TNI pada laga lanjutan minggu ke 10 Liga 1 Gojek Traveloka yang digelar di Stadion Pakansari Cibinong Bogor 10 Juni kemarin. Pertama Jak Mania membentangkan spanduk berisi muatan SARA, lalu yang kedua mereka menyalakan mercon di sekitar tribun. Maka tak elak, PSSI langsung menodongnya dengan sanksi denda sebesar 30 Juta Rupiah.

Sanksi serupa juga dialami oleh panitia laga Persib Bandung. Saat menyambut Persiba Balikpapan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada 11 Juni silam, salah satu anggota suporter Bobotoh melempar botol air mineral ke arah pemain tamu. Alhasil, denda 45 Juta Rupiah pun datang dan harus dibayarkan oleh panitia laga.

Berikut 9 daftar pelanggaran klub paling baru, yang baru saja dirilis oleh Komdis PSSI, usai menggelar sidang ke 8 nya kemarin.

1. Panpel laga Persiba Bantul dijatuhi sanksi harus membayar denda sebesar 10 Juta Rupiah,  karena panpel tersebut membiarkan para suporter melakukan vandalisme. Selain mencoret-coret lambang PSIM Yogyakarta, mereka juga menulis kata-kata yang berbau penghinaan pada papan angka. Semua penghinaan itu ditujukan kepada PSIM Yogyakarta. Padahal saat itu, Persiba Bantul sedang tidak berhadapan dengan PSIM Yogyakarta, melainkan Persis Solo.

2. Persis Solo dijatuhi sanksi dilarang mengenakan atribut klubnya saat memasuki area stadion sebanyak 3 kali, sekaligus denda sebesar 15 Juta Rupiah. Ini disebabkan karena suporter mereka terbukti sengaja berkunjung ke Bantul untuk merusak mural logo PSIM Yogyakarta dengan menuliskan kata-kata kotor dan tak sopan.

3. Seperti yang diberitakan diawal, yakni Persija Jakarta dijatuhi sanksi denda senilai 30 Juta Rupiah. Sanksi tersebut dijatuhi PSSI, lantaran Jak Mania terbukti membentangkan banner berisi SARA dan melempar mercon pada laga kontra PS TNI.

4. Panpel laga Bali United ditodong sanksi denda sebesar 10 Juta Rupiah, karena supporter mereka melempar botol pada laga yang mempertemukan Bali United dengan Bhayangkara FC.

5. Panpel laga Arema FC harus membayar sanksi denda sebesar 10 Juta Rupiah, karena supporter Arema FC melempar botol ke arah pemain Perseru Serui di lapangan.

6. Panpel Persib Bandung harus membayar denda sebesar 45 Juta Rupiah, karena supporter mereka melempar botol air mineral ke arah pemain lawannya, Persiba Balikpapapan.

7. Panpel laga Perseru Serui harus membayar 10 Juta Rupiah, karena ada oknum suporter yang melempar botol dan batu. Alhasil, seorang wartawan berdarah kepalanya karena aksi penimpukan tersebut. Disamping juga mereka mengganggu jalannya pertandingan dengan menyalakan petasan.

8. Panpel laga Arema FC dijatuhi sanksi denda sebesar 15 Juta Rupiah, karena supporter Arema FC melempar botol ke lapangan saat melawan Bali United.

9. Panpel laga Barito Putra harus membayar denda 10 Juta Rupiah, karena suporter mereka melempar botol air mineral ke arah bangku cadangan Persib Bandung. Salah seorang suporter juga terbukti menerobos masuk ke zona sentel ban untuk selfie, kala klub yang didukungnya berhasil bikin gol.

Berita Terkait: