Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Khas Lombok Ini Pas Liburan Kesana

Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Khas Lombok Ini Pas Liburan Kesana
Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Khas Lombok Ini Pas Liburan Kesana

Liburan ke Lombok tanpa membeli oleh-oleh khas Lombok akan sangat kurang rasanya. Lombok terkenal dengan pulau atau pantai – pantainya yang indah, Lombok juga terkenal dengan beragam oleh-oleh khasnya yang unik dan menarik, diantaranya seperti kain tenun sasak, madu Sumbawa, mutiara Lombok, kacang mete, rumput laut, kaos Lombok, minyak gosok Sumbawa, souvenir dan masih banyak lagi.

Jika kalian ingin beli oleh-oleh khas Lombok jangan lupa salah satu khasnya harus di beli yah, berikut ini adalah 3 tempat yang menjual tiga oleh-oleh utama khas Lombok, yaitu pusat kerajinan tenun Songkot di Desa Sade, pusat penjualan perhiasan mutiara di Sekarbela, dan sentra makanan khas Lombok di Phoenix Food.

  • Mutiara

Mutiara merupakan salah satu ikon dari Lombok. Konon katanya, tidak sah kalo pergi ke Lombok jika tidak membawa pulang oleh-oleh mutiara. Untuk bisa mendapatkan oleh-oleh khas Lombok yang satu ini, kalian bisa berkunjung ke Sekarbela, yaitu sebuah area yang dulunya adalah persawahan dan sekarang berubah menjadi sentra kerajinan emas dan mutiara yang banyak dikunjungi wisatawan. Disini, kalian akan melihat deretan toko perhiasanyang bertempat di Jalan Sultan Kaharudin yang bertempat di Kelurahan Karang Pele, sekitar 4 km dari kota Mataram.

Untuk harga yang ditawarkan pun berbeda-beda, tergantung dari keaslian mutiara. Semakin asli, maka harganya bisa sampai puluhan juta rupiah. Sedangkan yang murah, kalian bisa mendapatkan mutiara imitasi. Disini, kalian harus pandai melihat, menilik dan meneliti agar terlihat perbedaanya.

Di kawasan oleh-oleh khas Lombok ini, mutiara di kombinasi dengan bahan dasar seperti emas putih, emas kuning, perak atau hanya sekedar berlapis emas, bahkan ada juga yang berbahan dasar stainless. Jenis mutiara dibedakan dari cara budidayanya, ada mutiara putih, kuning keemasan, coklat dan hitam. Lombok terkenal dengan mutiara air lautnya “South Sea Pearl”m memiliki warna yang lebi keemasan dan harga yang lebih mahal dibandingkan mutiara air tawar.

  • Kain Tenun

Songket Sasak adalah salah satu oleh-oleh khas Lombok, tempat penghasil kerajinan ini ada di Dusun Bun Mudrak di Desa Sukarara, Lombok Tengah. Namun, sulit untuk menjangkau aksesnya, namun Desa Sade juga kaya akan hasil Songket Sasak nya. Hasil tenun yang dapat dijumpai di desa ini beragam, ada yang berbentuk pashmina, syal, taplak meja, sarung, sejadah, kain panjang dan bahan baju.

Di desa Sade tidak hanya bisa melihat aneka kain kerajinan saja, kalian juga bisa melihat proses pembuatan kain tersebut. Kalian bisa dengan mudah menemui wanita pengrajin tenun yang biasanya menenun di serambi depan rumahnya, diantara deretan kain tenun yang dipajang. Kalian bahkan bisa mencoba menggunakan alat yang digunakan untuk menenun.

Karena proses pembuatan sebuah kain tidak singkat dan mudah, inilah yang membuat harga kain tenun tidak murah. Harga hasil kerajinan dipatok dengan harga mulai dari Rp 300 ribuan hingga Rp 4 – 5 jutaan perhelainya.

  • Phoenix Food Lombok

Makanan adalah oleh-oleh khas Lombok yang tidak boleh dilupakan. Di Lombok ada tempat bernama Phoenix Food, sentra makanan khas Lombok. Disini kalian bisa menemukan oleh-oleh khas Lombok dengan lengkap. Makanan paling khas yang bisa kalian beli ada dodol rumput laut beraneka rasa, kacang mete Lombok dengan banyak variasi rasa, keripik, terasi bakar, abon ikan marlin khas Lombok dan masih banyak lagi.

Karena makanan ini berada di kota asalnya, tentu saja harganya lebih murah meriah ketimbang kalian membeli secara online ataupun sudah sampai di kota kalian, mengingat biaya antarnya yang mahal.

  • Souvenir

Di Lombok kalian bisa membeli oleh-oleh khas Lombok seperti gantungan kunci, kaos dengan tulisan Lombok, bros, gelang-gelangan dan souvenir cantik lainnya. Sangat mudah menemukan oleh-oleh khas Lombok yang satu ini. Jika bepergian ke tempat wisata seperti pantai, kalian akan menemui banyak penjual souvenir yang lalu lalang, dan biasanya mereka tidak sungkan mendekati untuk menawarkan barang jualan mereka. Jadi, jika ingin membeli souvenir akan sangat mudahm tidak perlu bepergian ke tempat oleh-oleh, di penginapan, warung-warung dan sepanjang tempat wisata bisa dengan mudah kalian temukan.