Takdir Membawa Rooney Pulang Kampung ke Everton

Takdir Membawa Rooney Pulang Kampung ke Everton
Takdir Membawa Rooney Pulang Kampung ke Everton

Setelah diperkirakan bakal tetap bermukim di Old Trafford musim depan, akhirnya Wayne Rooney malah balik ke kampungnya untuk bergabung dengan Everton lagi. Seiring dengan resminya striker 31 tahun itu berseragamkan The Toffees, maka berakhir pula karir Rooney di Manchester United (MU) yang telah dibinanya selama 13 tahun.

Pernyataan resmi terkait kepindahan eks kapten MU itu sendiri, telah disiarkan secara resmi oleh Everton melalui laman resminya barusan (Minggu, 9 / 7 / 2017) waktu setempat. Dimana, Rooney telah meneken kontrak barunya yang berdurasi 2 tahun. Hanya saja, kepindahannya sedikit memberikan kabar pahit bagi Rooney. Lantaran, dirinya harus menerima besaran gaji dengan jumlah 50% dari total gaji yang diterimanya di Setan Merah sebelumnya. Yakni, melorot jadi 150,000 Pound saja. Kendati begitu, Rooney manggut-manggut saja dan menerimanya dengan ikhlas tanpa protes.

“Senang bisa membawa @WayneRooney kembali pulang ke #EFC. Dia telah menandatangani kontrak kerjasama dengan kami yang berlaku selama 2 tahun kedepan, selepas kepergiaannya dari @ManUtd”, cuit Everton FC pada akun resmi Twitter -nya.

Adapun dengan hijrahnya Rooney ke Goodison Park, Romeru Lukaku pun semakin berpotensi untuk merumput bersama MU di musim depan. Toh bomber asli Belgia itu sudah menjalankan medikal cek up di Los Angeles, sebagai salah satu pra syarat bergabung bersama The Red Devil.

Performa Rooney dalam semusim terakhir di MU memang dinilai buruk, seiring dengan bertambahnya usia. Walaupun, namanya di klub sudah dipredikat sebagai pencetak angka terbanyak di sepanjang perjalanan MU bersepakbola. Melalui 559 kesempatan merumput, bomber timnas Inggris itu sudah membungkus sebanyak 253 gol. Tidak ketinggalan, 12 trofi sudah berhasil ia persembahkan kepada MU. Sebut saja 5 trofi Liga Premier, 1 trofi Liga Champion, lalu 3 trofi Piala Liga Inggris, 1 Piala FA dan terakhir 1 trofi Piala Dunia Antar Klub.

“Saya tidak peduli, dengan komentar pihak lain soal usia Rooney. Saya tetap melihatnya sebagai pemain bermental juara dan matang. Saya senang di akhirnya bisa kembali pulang ke Everton”, kata Ronald Koeman selaku manajer dari Everton FC.

“Kematangannya justru bisa menjadi contoh yang baik, bagi pemain-pemain lainnya yang lebih muda”, imbuh Rooney.

Kabarnya Rooney diangkut Everton dengan uang tebusan senilai 10,000,000 Pound. Rooney menjadi pemain ke 5 yang dibeli Everton, usai mendatangkan Davy Klassen, lalu Jordan Pickford, Michael Keane, serta sandro Ramirez pada bursa transfer musim panas tahun ini.

Sebelum bergabung bersama MU, Rooney terlebih dahulu merumput bersama Everton mulai dari tahun 2002 hingga tahun 2004. Selama 2 musim, ia sudah mengoyak jala lawan untuk Everton sebanyak 17 kali dari 77 kesempatannya berlaga di semua kompetisi.